Tips dan Trik Melindungi Hati Anda dari Penyakit Liver

Kamis, 24 Desember 2015 - 04:25 WIB
Tips dan Trik Melindungi Hati Anda dari Penyakit Liver
Tips dan Trik Melindungi Hati Anda dari Penyakit Liver
A A A
JAKARTA - Penyakit hati atau liver dapat menyerang siapa saja. Beberapa ahli mengatakan penyakit liver adalah penyakit yang mematikan secara diam-diam.

Gejala terkena penyakit liver termasuk umum, seperti merasa lelah ringan, anemia, penyakit kuning atau pembengkakan kaki.

DR Ajay Kumar, Ketua & Directur Ekslusif, Fortis Escorts Livers & Digestiv Diseases Institute mengatakan, "Penyalahgunaan alkohol merupakan salah satu alasan utama dari sirosis hati."

Berikut ada sejumlah hal yang harus diingat untuk melindungi hati Anda seperti dilansir dari situs Times of India.
saying-no-alcohol (yourteenmag.com)
1. Hindari alkohol
Sementara lemak hati tidak terjadi karena alkohol, namun alkohol merupakan penyebab utama untuk gangguan hati. Oleh karena itu, mengkonsumsi alkohol dapat merusak kesehatan hati Anda.

Jika Anda memang harus minum alkohol dengan komposisi alkohol yang tinggi, jangan minum alkohol dalam keadaan perut kosong. Karena hal tersebut dapat membuat hati Anda bekerja lebih keras.

ilustrasi menimbun lemak (livestrong.com)

2. Jangan menimbun lemak
Obesitas adalah salah satu alasan utama untuk hati disfungsional. Sehingga langkah pertama untuk menjaga hati adalah untuk menurunkan berat badan dengan menyeimbangkan tubuh.

Cara hidup yang sehat sangat membantu Anda untuk mencapai tubuh yang ideal dan menurunkan risiko penyakit hati. Tidak hanya itu, dengan menerapkan pola makan yang sehat dapat meningkatkan fungsi hati lebih maksimal.

3. Air untuk detoks
Fungsi utama hati adalah menetralkan kimia beracun berbahaya yang terdapat pada makanan, air atau udara. Air merupakan peran yang sangat penting dalam melakukan detoks untuk tubuh.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi air putih 8-10 gelas setiap harinya untuk proses detoksifikasi di dalam tubuh.

4. Lima buah dan sayuran
Kami akan memberikan saran sejumlah sayuran dan buah-buahan yang dapat Anda konsumsi untuk terhindar dari penyakit hati. Dr Rupali menunjukan diet yang memiliki setidaknya 5 buah dan sayuran (campuran) dalam per harinya. Hal ini dapat mendefinisikan makanan bergizi dan sehat.

* Probiotik
Ada penelitian menunjukan hubungan kuat antara lemak hati dan fungsi usus teratur. Probiotik dapat membantu menormalkan keseimbangan usus dan membuang racun dari tubuh dan memastikan sirkulasi yang lebih dalam tubuh.

* Vitamin C dan B
Vitamin C bersifat menyembuhkan dan juga membantu dalam membangun imunitas. Sedangkan vitamin B membantu fungsi hati menjadi lebih baik.

* Protein
Protein dapat membantu regenerasi sel-sel hati yang sehat.

* Serat dan mineral
Sarapan dengan makanan rendah lemak dan kaya akan vitamin dan mineral. Anda dapat menjadikan sereal yang berbahan biji-bijian.

Dandelion-tea (healthyfocus.org)

* Teh dandelion
Teh dandelion adalah salah satu obat untuk gangguan hati. Ini bertindak sebagai katalis mengarahkan empedu dari hati.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4512 seconds (0.1#10.140)